MEMANFAATKAN KOMPUTER DALAM
PEMBELAJARAN FISISKA
Menurut Rudi dan Cepi (2009: 100) dalam Maryatun (2015:
13-14) “Microsoft PowerPoint adalah program aplikasi presentasi yang populer
dan paling banyak digunakan saat ini untuk berbagai kepentingan presentasi baik
pembelajaran, presentasi produk, meeting, seminar, likakarya dan sebagainya..
Pendapat ini didukung oleh Asyhar (dalam Sugianto, 2013) bahwa “Microsoft PowerPoint
adalah program aplikasi presentasi untuk berbagai kepentingan presentasi, baik
pembelajaran, seminar, Meeting, dan sebagainya”. Sejalan dengan pendapat di
atas, Mulyawan (2013) Menyatakan bahwa “Microsoft PowerPoint adalah salah satu jenis
program komputer yang tergabung dalam Microsoft Office yang digunakan untuk
presentasi dan merupakan program berbasis multimedia”.
Menurut
Amalia (2014: 141-142) Power Point sebagai
bagian dari fasilitas
yang telah tersedia
pada komputer merupakan salah
satu piranti lunak
dari paket Microsoft
Power Point digunakan
untuk membuat slide
presentasi yang ditampilkan
melalui layar komputer.
Berbeda dengan slide
transparan atau mika,
slide yang dibuat
dengan Microsoft Power
Point mempunyai banyak
kelebihan, antara lain;
mampu menampilkan tulisan dan
gambar dengan bermacam warna,
dapat diselengi dengan gambar
hidup atau film,
proses penulisan yang mudah
(bila salah ketik, tinggal di delete-red), pola tulisan
dapat dipilih sesuai dengan selera kita dan dapat pula menyisipkan
suara (lagu) sehingga
presentasi menjadi lebih
menarik dan atraktif.
Sebagaimana telah
disampaikan diatas bahwa
dalam komputer terdapat berbagai macam
fasilitas (kompleks- red),
termasuk didalam Power
Point itu sendiri memiliki
fasilitas bantu yang memudahkan pembuatan slide Power Point. Pada Power
Point sudah tersedia
serangakaian pola yang
dapat digunakan dalam menyusun slide presentasi. Setiap slide
presentasi dapat berisi sebagai berikut :
1) Teks
Teks yang
akan dituliskan harus
disisipkan pada frame,
yaitu area di
layar yang ditandai
oleh garis putus-putus, yang
sudah disediakan, tampilan
teks tersebut akan
mengikuti pola yang
sudah ditentukan meskipun demikian,
jika diinginakan tampilan
teks juga masih
dapat diubah dengan bebas.
2) Gambar
Selain
teks, slide presentasi juga dapat diisi dengan gambar. Tampilan gambar dapat
diambil dari ; Clip Art,
File, Auto Shapes,
Worf Art, Scanner ataupun tabel yaang dibuat dengan
Microsoft Word.
3) Suara
Suara dapat
dipilih sesuai dengan
kebutuhan kita, bisa
diambil dari fasilitas
yanag ada dalam
komputer atau dapat
pula melalui suara-suara (misalnya lagu -red) yang sengaja
kita instal / copy dari CD atau Flasdisk.
4) Film
Selain itu
slide presentasi juga
dapat diberi efek-efek
khusus yang memperindah tampilan slide presentasi yaitu
berupa film. Sebagai seorang guru sudah tentu sangat membutuhkan sebuah media pembelajaran yang
dapat merangsang siswa
agar giat belajar,
dapat memberikan motivasi
dan sekaligus menumbuhkan
semangat baca yang tinggi
dan kontinu.
Melalui
fasilitas yang tersedia pada Power Point, tentunya kita sebagai guru akan lebih
terbantu dan tidak
sulit lagi untuk
menyampaikan materi ke
siswa. Kebiasaan lama
seperti berbicara secara
panjang lebar di
depan kelas, mencatat
dan menggambar, sekarang
tidak perlu lagi
kita lakukan. Dengan
power point kita
akan lebih mudah dalam
menyampaikan materi, praktis
dan ekonomis baik
terkait dengan efesiensi
tenaga, pikiran, biaya
ataupun waktu.
Menurut Kenthut
dan Rahadi (2008),
langkah–langkah untuk mendesain media pembelajaran powerpoint yang tepat
agar materi yang
dipresentasikan dapat dipahami oleh siswa secara maksimal adalah sebagai
berikut:
1) Tentukan
topik sesuai dengan materi yang akan di sampaikan
2) Siapkan
materi yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Pemilihan materi ini
sangat penting karena
tidak semua materi
dianjurkan untuk menggunakan powerpoint.
3) Identifikasi bahan-bahan
materi tersebut untuk
diseleksi mana yang
sesuai dengan karakteristik media
presentasi. Ingat tidak
semua materi tersebut cocok untuk dituangkan melalui media
presentasi.
4) Tulis materi
yang telah dipilih
dalam kalimat yang
singkat, pointers dan hanya memuat poin-poin penting saja (key
words). Penulisan penjelasan yang panjang
lebar sangat tidak
dianjurkan dalam penulisan
naskah presentasi. Pada saat
membuat outline ini, pikirkan juga
bahan-bahan pendukung
presentasi, misalnya: clip art,
picture, sound, background
music, video klip dan lain sebagainya.
5) Tuangkan pesan-pesan
yang disajikan dalam
berbagai format seperti teks (katakata), gambar, animasi atau audio-visual. Lengkapi outline
yang sudah dibuat dengan
keterangan tambahan. Berilah
warna pada font. Atur tata letaknya. Berilah warna pada background.
6) Pastikan bahwa
materi yang ditulis
telah cukup lengkap,
jelas dan mudah dipahami oleh
sasaran. Menyelesaikan desain,
mengulas ulang desain
yang telah dibuat. Jika perlu minta pendapat dan masukan dari orang
lain. Lakukan perbaikan-perbaikan jika diperlukan, hingga Anda telah yakin
presentasi telah seperti yang diinginkan.
7) Sajikan isi materi secara urut dan
sistematis agar mempermudah penyajian dan pesan mudah dipahami oleh siswa.
Microsoft powerpoint 2007 memiliki
beberapa kelebihan dan kelemahan adalah sebagai berikut: Keunggulan microsoft powerpoint antara lain:
1) Praktis, dapat dipergunakan untuk
semua ukuran kelas;
2) Memberikan kemungkinan tatap muka
dan mengamati respons siswa
3) Memiliki variasi
teknik penyajian yang
menarik dan tidak membosankan;
4) Dapat menyajikan
berbagai kombinasi clipart, picture, warna, animasi dan suara, sehingga membuat
siswa lebih tertarik.
5) Dapat dipergunakan berulang-ulang
Disamping kelebihan
dari microsoft powerpoint juga memiliki
kelemahan diantaranya adalah:
1) Pengadaannya mahal dan tidak semua
sekolah dapat memiliki;
2) Tidak semua
materi dapat disajikan
dengan menggunakan powerpoint;
3) Membutuhkan keterampilan
khusus untuk menuangkan
pesan atau ide-ide yang
baik pada desain
program komputer microsoft powerpoint
sehingga mudah dicerna
oleh penerima pesan;
4) Memerlukan persiapan
yang matang, bila
menggunakan teknik-teknik penyajian (animasi) yang kompleks.
DAFTAR PUSTAKA
Amalia,
Isnin Agustin. 2014. Power
Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Jurnal Edueksos. Vol. III. No. 2
Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil
Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi
Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Vol. 3. No. 1. ISSN: 2442-9449
Tidak ada komentar:
Posting Komentar